Binatang Apa Sih Radio Itu ?

Radio..itu gelombang atau frekuensi.
Media Radio..itu sarana atau alat untuk menyampaikan sesuatu menggunakan sarana gelombang frekuensi. Dalam hal ini Audio.

Radio hanya menggunakan media Audio (suara)tanpa Video (visual). Maka sudah menjadi kewajiban setiap awak siarnya untuk menciptakan video (visual) di setiap benak atau kepala para pendengarnya. Karena itu Radio adalah media paling unik dan selalu dibutuhkan.
Kenapa Radio sampai saat ini masih diminati orang mulai dari Abang Becak sampai Menteri, dari Guru sampai Tentara, dari anak TK sampai seorang lulusan master.

Inilah ”keajaiban” Radio :

• Theatre Of Mind
Seperti yang saya katakan di atas, Radio atau Penyiarnya mampu menghipnotis pikiran pendengarnya dalam sajian ”Wonder Imagination” (nggak kalah kan sama Romi Rafael..hehehe), Dalam imajinasi pendengar akan timbul ”video” masing-masing yang orang lain tidak boleh dan tidak mampu merubahnya.
Ketika anda mendengarkan berita Unjuk Rasa lewat Radio, pasti anda bisa membayangkan bagaimana kacaunya, tegangnya dan anarkisnya situasi pada saat itu.
Anda juga bisa membayangkan dengan seenaknya sendiri setiap detail diri dan pribadi penyiarnya. Mulai dari kecantikan wajahnya, rambutnya, kemolekan tubuhnya.., dan lain-lain, hanya dengan ”The Power Of Voice”

• Personal
Di zaman modern sekarang ini, Radio sudah bisa dinikmati lewat Handphone, iPod, Walkman, dll. Lewat itu semua, anda sudah bisa menikmati suara merdu penyiarnya, sajian lagu-lagu favorit anda, berita dan info-info uptodate.
Lewat sapaan intim dan bersahabat, anda akan terbius di setiap sudut kamar anda, ruang kantor, pasar sampai di kamar mandi.
Anda pasti secara tidak sadar ikut bernyanyi, ikut tertawa, ikut sebel bahkan ikut termehek-mehek mendengarkan sajian informasi dan hiburannya.

• Murah
Untuk urusan bisnis, beriklan di Radio relatif lebih murah dari pada beriklan di media lainnya. Durasi spot +/- 1 menit bisa Cuma Rp.30.000,- dan langsung didengar minimal 150 telinga. Jadi, biaya untuk menyampaikan pesan iklan per orang hanya mengeluarkan biaya Rp.5 ,-. ” Sekali berujar, sejuta telinga mendengar”. Keren.........
Untuk berinteraktif ikut beropini, request lagu bahkan curhat, tidak perlu interlokal, karena radio bersifat lokal.

• Cepat
Kecepatan dan ketepan informasi sudah menjadi kebutuhan kita. Live Report dari reporternya bisa menyuguhkan berita lebih cepat dari media lainnya. Tidak menunggu mengirim hasil video atau turun cetak basoknya.
Radio juga sangat fleksibel dengan perubahan, karena bisa disajikan cepat saat kejadian atau peristiwa terjadi.

• Secondary Activity
Bayangkan anda membaca koran atau majalah sambil ngobrol atau smsan, melihat TV sambil mengendarai motor atau mobil. Imposible...
Kalo radio? Sangat bisa. Mendengarkan radio bisa sambil membaca koran, nonton TV, ngobrol, makan, mengendarai motor / mobil, masak, sampai ngepel lantai. Wonderfull...

• Daya Tembus
Kekuatan suara lebih dasyat daripada gambar.
Kalau anda tidak suka dengan tayangan TV, anda cukup menutup mata, tapi ketika anda mencoba menutup telinga, sekuat apapun anda pasti masih bisa mendengar suaranya.

• Berintonasi
Sajian di Radio langsung berintonasi / bernada.
” Anjing makan ayam mati ”
Kalau di artikel atau di sms, mana pemenggalan yang benar? Kalau salah memenggal kata, bisa beda artinya dan salah paham.

Masih banyak sekali karakteristik Radio yang merupakan senjata ampuh agar diminati oleh para penggemarnya.
Tapi semua pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Baik Radio, TV, koran maupun majalah harus bersinergi untuk memberikan kepuasan informasi dan hiburan kepada masyarakat yang butuh dan haus akan semua itu.


0 comments:

Post a Comment






Recent Comments

Runing Texts (update)

Monggo Chatting

LET's CHAT with YAHOO

HERDIyanto

My photo
Malang, Jawa Timur, Indonesia
I'm Just Human Being..just ordinary Man.. Marga Herdiyanto ~ Herdi ~ Malang, 21 Agustus 1979 Jl. Danau Sentani Dalam H-1 M-14 Work : (Radio) 89.5 RCBFM MALANG As : - Music Director - Sound Designer - Announcer Also : ON AIR BROADCASTING SCHOOL MALANG as : Promo Manager & Tentor On Air Scedule : Senin : 19.00-22.00 : A S K S Selasa: 11.00-12.00 : DEPOT DANGDUT Kamis : 11.00-12.00 : DEPOT DANGDUT 19.00-21.00 : NURUT GAK NURUT Jumat : 11.00-12.00 : DEPOT DANGDUT Sabtu : 11.00-12.00 : DEPOT DANGDUT Minggu: 08.00-09.00 : CHART 8 INDO HITS 15.00-17.00 : PRODUSER on FOLARE

  ©Template by Dicas Blogger.